tugas seorang SEO Lead

Apa sih, Tugas dan Pekerjaan Seorang SEO Lead?

Kalian pasti pernah nonton film Spiderman, dong? Yang mana saja, entah yang diperankan oleh Tobey Maguire, Andrew Garfield, ataupun Tom Holland.

Ada satu kalimat yang menjadikan semua film Spiderman itu, akhirnya satu universe, yaitu “Great Power, Came Great Responsibility” — Kekuatan besar mendatangkan tanggung jawab yang besar.

Kata-kata itu yang akhirnya sering saya jadikan Quotes kepada siapapun yang belajar tentang Digital Marketing ke Saya, dengan menyatakan “Great Money, Came Great Responsibility” — Dalam Gaji yang besar, datang tanggung jawab yang besar.

Iya, dong, semakin besar gaji, maka semakin besar juga tanggung jawabnya. Dan itu juga yang dialami oleh seorang SEO Lead. Pada dasarnya seorang dengan posisi yang lebih tinggi, punya gaji yang lebih besar. Ada yang punya gaji lebih kecil dari seorang supervisor?

Kalo gitu baca dulu Apa sih, sebenarnya, tugas seorang SEO Specialist?

Apa bedanya SEO Lead dan Manager?

Saya akhirnya bisa merasakan sebagai seorang Lead, manakala mendapatkan tawaran untuk mengelola sebuah brand yang berfokus pada Sewa Ruang Kantor sebagai bisnis utama mereka, namanya GoWork.

Di beberapa perusahaan, istilah lead akan dipersepsikan berbeda-beda. Namun semua dikembalikan lagi kepada perusahaan, ya. Ada yang status lead, tapi gaji setara Senior Level, lho.

Secara posisi, Saya memang menjabat sebagai Digital Marketing Lead, dimana posisi ini akan menjadi “pusat” untuk semua aktivitas digital marketing. Dari mulai planning, eksekusi (terbatas hanya pada kick off), evaluasi, dan reporting kepada C-Level (yes, saya langsung report ke CEO dan CTO). Jadi kalo disetarakan dengan perusahaan lain, levelnya mungkin udah sama kayak executive/manajer lah, ya (maaf kalo congkak, sekali ini aja, hehehe).

Karena SEO menjadi bagian dari strategi Digital Marketing yang saya kelola, maka untuk itu, Saya akan menjabarkan apa yang dikerjakan kala menghandle urusan SEOnya GoWork kedalam Planning, Executing, dan Evaluating.

Planning

  1. Berkoordinasi dengan SEO Specialist dan konten team untuk menentukan rencana konten dwi-mingguan (mengingat kami mengadaptasi Agile Workflow dengan sistem sprint) yang bisa mendukung campaign marketing secara keseluruhan.
  2. Melakukan analisa market behaviour untuk produk-produk yang berkaitan dengan trend yang sedang berlangsung.
  3. Melakukan perencanaan pengembangan bisnis dengan strategi SEO, termasuk melakukan analisa beban pekerjaan dengan departemen IT Product.
  4. Memastikan KPI dan Goals tercapai dari akusisi pengguna menggunakan strategi SEO.

Executing

  1. Memastikan semua checklist siap untuk periode sprint
  2. Memastikan budget allocations sudah sesuai dengan perencanaan awal
  3. Melakukan input insight berkaitan dengan trend yang ada, ke dalam calendar plan, conten pillar, dan creative visual.
  4. Memantau jalannya overal campaign menggunakan strategi SEO

Evaluating

  1. Melakukan koordinasi mingguan dengan PIC untuk masing-masing channel, terutama yang berkaitan dengan performa SEO.
  2. Membuat reporting, dan melakukan evaluasi terhadap efektifitas campaign dan strategi

Jika ditinjau, pekerjaannya lebih sedikit, ya? tapi harus kalian pertimbangkan, ini untuk channel SEO saja. Mengingat Digital Marketing Effort yang dilakukan saat saya bekerja di GoWork bukan hanya SEO, setidaknya masih ada Social Media, Google My Business, GoWork App, Digital Out of Home, dan Partnership. Dan semua terintegrasi dalam satu kepala, puyeng? yes, nyerah? NO, BIG NO!

Jadi, jelas ya, dalam gaji yang besar, terdapat tanggung jawab yang besar pula.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *