Pengertian Search Engine dan Cara Kerja Mesin Pencari Seperti Google

Secara harfiah, Search Engine merupakan istilah bahasa Inggris yang berarti mesin pencari. Sebuah mesin yang dirancang untuk mencari sebuah informasi di Internet. Bisa berupa Text, Foto, Video, atau Informasi apapun yang memang sengaja disediakan oleh penyedia konten untuk dikonsumsi oleh penggunanya.

Prinsip kerja search engine secara sederhana dapat dikelompokan menjadi 3 (tiga) tugas utama, yaitu:

1.Crawling

Untuk mencari sebuah informasi yang tersebar di Internet, Search Engine akan dibantu oleh robot perayap (CrawlBot), yang bekerja 24 Jam nonstop, merayapi (Crawling) dunia maya.

Membaca semua Informasi yang diizinkan untuk di crawling dalam sebuah website, mengikuti setiap alur peta situs (sitemap), internal link, hingga external link.

CrawlBot akan masuk melalui server berdasarkan domain yang sudah diset untuk mengarah kepada ruang penyimpanan website, kemudian CrawlBot akan membaca keseluruhan isi dari website tersebut, perhalaman.

2.Indexing

Dalam sebuah halaman biasanya mengandung Judul, deskripsi singkat, isi artikel per paragraf, gambar, video, dan sebagainya. CrawlBot akan membaca informasi tersebut, mengelompokan berdasar Keywords, dan menempatkannya dalam sebuah sistem klaster.

Klaster-klaster ini berisi semua informasi yang relevan satu sama lain. Tidak heran satu buah konten bisa berada dalam klaster yang berbeda-beda.

Pengelompokan klaster ini dimaksudkan agar memudahkan CrawlBot menentukan intensitas dari tiap query yang nantinya akan ditanyakan oleh user.

3.Ranking

CrawlBot kemudian akan menilai berdasar faktor-faktor tertentu yang dimiliki berdasar indexing yang telah dimiliki. Banyak faktor, namun salah dua yang paling penting adalah Relevansi dan Kualitas Konten.

Saat konten tersebut memiliki relevansi yang lebih baik dengan kualitas yang bisa membat user puas, maka konten tersebut akan ditempatkan pada posisi yang lebih tinggi dibandingkan konten atau website lainnya.

Kadangkala, posisi ranking tidak selalu konsisten, mengingat tiap hari RankBrain yang dimiliki oleh mesin pencari seperti Google mengalami pembaruan, sebagai bentuk simulasi terhadap perubahan behaviour setiap hari. Untuk itu jika website anda berada di urutan teratas hari ini, belum tentu berada di urutan teratas di kota lain, diwaktu yang bersamaan.

Sumber Artikel :

Pengertian Search Engine dan Cara Kerja Mesin Pencari Seperti Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top